-->

Penggolongan Obat Terapi dan Buku Farmakope Indonesia




Hai guys,
bertemu kembali dengan saya
sekarang saya akan menulis artikel tentang golongan obat yang digunakan dalam terapi
langsung saja yuk cekidot



Penggolongan obat yang digunakan dalam terapi dibagi menjadi 3 bagian besar yaiyu :

  • Obat Farmakodinamis bekerja terhadap inang dengan jalan mempercepat atau memperlambat proses fisiologis atau fungsi biokimia dalam tubuh, misalnya diuretika, hipnotika dan hormon.
  • Obat Kemoterapeutik dapat membunuh parasit dan kuman di dalam tubuh inang. Obat ini sedikit memiliki aktivitas farmakodinamik terhadap organisme inang yang berkhasiat membunuh banyak parasit (misal protozoa dan cacing) dan mikroorganisme (misal bakteri dan virus). 
  • Obat Diagnostik merupakan obat penunjang untuk melakukan diagnosis (pengenalan penyakit), misalnya barium sulfat yang digunakan untuk mengetahui penyakit pada saluran lambung-usus, asam iod digunakan untuk saluran empedu.

Sedikit membahas tentang buku yang ditetapkan oleh hukum yaitu buku Farmakope
Farmakope adalah buku resmi yang ditetapkan hukum dan memuat standarisasi obat-obat penting dan persyatannya mengenai identitas, kadar kemurnian dan sebagainya.
Kini buku farmakope sudah jilid ke-empat.
Farmakope Indonesia jilid pertama dikeluarkan pada tahun 1962.
Farmakope Indonesia jilid kedua dikeluarkan pada tahun 1965 yang berisi tentang bahan-bahan galenika.
Farmakope Indonesia edisi pertama dan kedua direvisi menjadi Farmakope Indonesia Edisi II yangmulai berlaku sejak tanggal 12 November 1972. Pada tahun 1977, dibentuklah sebuah panitia untuk membahas kembali Farmakope Indonesia Edisi II dan pada tahun 1979 terbitlah Farmakope Edisi III yang mulai berlaku sejak tanggal 12 November tanuh 1979, kemudian pada tahun 1996 diluncurkan Farmakope Edisi IV.
Sebagai pelengkap buku Farmakope Indonesia juga diterbitkanlah buku dengan nama Ekstra Farmakope Indonesia 1974 yang telah berlaku sejak tanggal 1 Agustus 1974 sebagai buku persyaratan mutu obat resmi selain Farmakope Indonesia.
Pada tahun 1966 diterbitkan juga buku yang namanya Formularium Indonesia dan setelah itu buku ini direvisi kembali lalu diterbitkan kembali pada tanggal 12 November 1978 dengan nama Formularium Nsional.

Bagaimana guys?
sudah tahu kan tentang OBat yang digunakan dalam terapi dan buku yang digunakan dalam dunia farmasi?
semoga bermanfaat :D

2 Responses to "Penggolongan Obat Terapi dan Buku Farmakope Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel