-->

Macam-macam Ilmu Farmakologi



hai guys
dari kemarin artikelnya membahas tentang sediaan obat terus sekarang kita belajar tentang ilmu-ilmu yang ada di dunia farmasi
langsung saja yuk cekidot


Farmakologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengaruh obat beserta seluruh aspeknya, yaitu sifat kimiawi maupun fisika, kegiatan fisiologi, absorbsi.
adapun Farmakologi klinis menyelidiki semua interaksi khususnya antara obat dan tubuh manusia serta penggunaannya pada pengobatan penyakit, Ilmu ini mencakup beberapa bagian yaitu :


  • Farmakognosi mempelajari pengetahuam dan pengenalan obat yang berasal dari tanaman dan zat aktifnya, yang berasal dari mineral dan hewan.
  • Biofarmasi meneliti pengaruh formulasi obat terhadap efek terapeutiknya. Bentuk sediaan obat harus dibuat agar menghasilkan efek yang optimal.
  • Farmakokinetika meneliti perjalanan obat mulai dari cara pemberian, absorpsi obat dari usus, distribusi obat ke tempat kerja dan jaringan lain, metabolisme, dan ekskresi oleh ginjal.
  • Farmakodinamika mempelajari kegiatan obat terhadap organisme hidup, terutama cara dan mekanisme kerjanya, reaksi fisiologis, dan efek terapi yang ditimbulkannya. Dengan kata lain farmakodinamika adalah ilmu yang mempelajari semua efek yang dilakukan obat terhadap tubuh.
  • Toksikologi adalah pengetahuan tentang efek racun obat terhadap tubuh dan termasuk dalam kelompok farmakodinamika karena efek terapi obat berhubungan dengan efek toksisnya, Dengan kata lain setiap obat yang penggunaannya dengan dosis tinggi dapat bekerja sebagai racun dan merusak organisme.
  • Farmakoterapi mempelajari penggunaan obat untuk mengobati penyakit atau gejala penyakit. Penggunaan ini berdasarkan pada pengetahuan tentang hubungan antara khasiat obat, sifat fisiologi atau mikrobiologi, dan penyakit.

bagaimana guys?
sudah paham kah?
besok lagi saya akan membahas tentang hal-hal menarik lainnya di dunia farmasi
semoga bermanfaat :D

0 Response to "Macam-macam Ilmu Farmakologi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel