-->

Pengertian dari Efek Lokal pada Pemakaian Obat




hai guys bertemu kembali dengan saya
kali ini saya akan menulis artikel tentang Efek lokal yang ditimbulkan dari obat
ada yang tahu tentang efek lokal obat itu apa?
Efek lokal dalam pekaian obat dapat diartikan sebagai efek yang mempengaruhi daerah setempat yang diberikan obat itu sendiri.
Ada beberapa tempat / area yang biasa dipakai untuk efek lokal, mungkin dibahas saja biar makin paham langsung yuk cekidot :


  • Kulit / Perkutan : obat yang diberikan di area kulit dengan cara mengoleskan pada permukaan kulit, contoh salep, lotion, dan krim
  • Inhalasi : obat yang digunakan dengan cara di semprot untuk di sedot melalui mulut atau hidung. Pengabsorpsiannya dapat melalui tenggorokan, selaput mulut dan pernapasan, contoh nya sediaan gas dan aerosol.
  • Mukosa Telinga dan Mata : Obat yang diberikan melalui mukosa/selaput telinga atau mata, obat diabsorpsi melalui darah lalu menimbulkan efek, contohnya obat tetes mata atau salep mata.
  • Intavaginal : obat yang diberikan melalui mukosa / selaput vagina, biasanya berbentuk obat antifungi atau pencegah kehamilan, contohnya salep dan krim
  • Intranasal : Obat yang diberikan melalui selaput lendir hidung yang bertujuan untuk mengecilkan selaput hidung yang membengkak, contohnya otrivin.
mungkin jika ada yang tahu lebih dari ini monggo memberikan masukan saja
tapi ingat memberikan masukannya jangan mancing emosi lo ya, kita nyantai saja biar kita tidak debat bray :D
sekian artikel saya bray,
semoga bermanfaat :D

2 Responses to "Pengertian dari Efek Lokal pada Pemakaian Obat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel